Dark Light

Setelah anda memahami perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, kini waktunya untuk mengenal hosting atau web hosting.

Ini perlu anda ketahui karena saat anda ingin membuat website dengan menggunakan WordPress (maksud saya WordPress.org), anda perlu memilikinya. Dan agar anda tidak salah dalam memilih hosting, disini saya juga akan menjelaskan jenis-jenis hosting yang tersedia dipasaran dan memberitahu anda tempat membeli hosting yang paling baik.

Apa Itu Hosting

Secara teknis, hosting merupakan sekumpulan atau sebuah server yang biasanya diletakkan di datacenter dan terhubung dengan jaringan internet. Dan itulah mengapa, ketika anda terhubung dengan jaringan internet maka anda bisa membuka situs web apapun termasuk situs web ini.

Sementara dalam bahasa awam, hosting merupakan layanan online yang digunakan untuk menyimpan seluruh data web. Data web ini mencakup file gambar, dan berbagai file pendukung lainnya hingga situs web anda bisa ditampilkan sebagaimana harusnya.

Terlepas dari anda akan membuat situs web anda dengan WordPress atau tidak, anda pasti membutuhkan hosting jika anda ingin memiliki dan membuat web.

Jenis-Jenis Hosting

Mungkin anda akan bertanya kepada saya, “Mengapa saya perlu membeli/menyewa layanan hosting? Tidak bisakah saya membuatnya sendiri sehingga saya tidak perlu mengeluarkan uang setiap bulan atau tahun untuk membayar langganan hosting?“.

Jawabannya, Bisa.

Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika anda berniat untuk membuat hosting sendiri. Beberapa yang perlu anda perhatikan adalah:

  1. Biayanya sangat mahal. Anda perlu mengeluarkan biaya pembelian server, pembelian lisensi software, biaya perawatan, biaya datacenter, dan biaya lainnya. Semuanya itu tidak murah.
  2. Manajemen server. Skill ini perlu anda miliki ketika anda memiliki hosting sendiri. Yang mana itu artinya anda harus menguasai bahasa pemrograman agar hosting anda bisa berjalan dengan baik.
  3. Resiko lainnya.

Jadi, sebagai pemula, saya sangat menyarankan anda untuk tidak melakukan itu. Selain anda harus menguasai bahasa pemrograman, anda perlu menyiapkan biaya yang sangat besar untuk mengadakan semuanya itu.

Solusi yang paling tepat bagi anda yang masih pemula adalah dengan menyewa layanan hosting dari berbagai penyedia layanan hosting.

Namun, saat anda mengunjungi situs web penyedia hosting, anda akan menemukan berbagai layanan hosting berikut paket-paketnya disana. Dan berikut ini adalah jenis-jenis hosting yang umumnya akan anda jumpai saat anda hendak membeli layanan hosting.

Shared Hosting

apa itu hosting shared

Shared hosting merupakan layanan hosting yang saya rasa akan selalu anda temui di setiap penyedia layanan hosting. Dan ini merupakan layanan hosting yang paling murah dan mudah untuk amda gunakan sebagai pemula dibidang web.

Layanam Shared Hosting merupakan satu server yang disediakan oleh penyedia hosting untuk diisi oleh berbagai pelanggan didalamnya. Dengan begitu, anda akan berbagi resource server dengan pengguna lainnya di server tersebut. Dan resource server ini seperti penggunaan CPU, penggunaan koneksi, penggunaan penyimpanan dan RAM dan lain sebagainya.

Beberapa penyedia hosting populer (seperti Niagahoster misalnya), mengubah nama ini menjadi Unlimited Hosting. Jadi, Unlimited hosting ini sama dengan shared hosting namun anda tidak diberi batasan tentang jumlah kapasitas penyimpanan anda.

Dari sisi harga, layanan ini merupakan layanan hosting yang paling murah dan sangat tepat digunakan bagi web atau blog pemula.

VPS Hosting

Hosting VPS

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Dan itulah mengapa saat anda menggunakan layanan ini, anda hampir sama dengan mengelola satu server.

Dengan VPS, anda bisa menentukan OS yang anda gunakan, besaran RAM yang anda gunakan, besaran processor yang anda gunakan, dll. Dan anda juga bisa dengan bebas menginstall perangkat lunak tambahan kedalamnya seperti perangkat lunak keamanan tambahan, dll.

Anda juga perlu menguasai manajemen server dasar untuk menggunakan VPS. Dan VPS sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin membuat situs web bisnis berskala menengah dan toko online multi user. Selain itu, VPS juga bisa anda gunakan apabila traffic lada situs web anda sudah tinggi hingga mengakibatkan situs web anda yang berada di shared hosting sering menjadi sulit untuk diakses.

Dari sisi harga, harga VPS tentu lebih mahal diba dingkan Shared Hosting atau unlimited hosting. Anda akan membutuhkan biaya lisensi lerangkat lunak dan membayar sesuai dengan besaran resource server yang ingin anda gunakan.

Cloud Hosting

Cloud Hosting

Jangan berpikir bahwa dengan menggunakan Cloud Hosting maka anda akan menyimlan seluruh data web anda di awan. Itu tidak benar.

Alih-alih menggunakan satu server, cloud hostinf menggunakan multi server yang diletakkan dalam satu jalur dengan server utama. Dengan begitu, ketika situs web anda mengalami kendala pada server utama, seluruh traffic anda akan dialihkan ke server lainnya. Itu akan mengurangi waktu downtime bagi situs web anda saat diakses oleh pengguna anda.

Cloud Hosting merupakan solusi tepat bagi anda yang ingin meningkatkan hosting namun VPS masih terlalu mahal bagi anda. Selain itu, layanan Cloud Hosting juga baik digunakan untuk membuat situs web personal dan bisnis.

Dedicated Hosting

Hosting Dedicated

Dedicated hosting merupakan layanan hosting yang paling mahal yang ada dipasaran saat ini.

Dengan menggunakan layanan ini, itu artinya menyewa 1 server hanya untuk anda sendiri. Dan itu artinya, anda memiliki kemampuan penuh untuk mengatur server tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

Layanan ini biasanya hanua digunakan oleh situs web yang dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Paket Hosting Apa Yang Harus Saya Gunakan?

Setelah anda memahami jenis-jenis hosting, mungkin anda akan bertanya tentang hosting mana yang paling tepat untuk anda.

Tentu jika anda sedang mencari pengertian hosting maka itu artinya anda baru mengenal website. Dan itu artinya, layanan hosting yang paling tepat untuk anda gunakan adalah Shared Hosting atau Hosting Unlimited.

Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir soal teknis penanganan hosting anda secara mendalam dan anda bisa berfokus pada situs web anda.

Tempat Membeli Hosting

Hal utama yang perlu anda ketahui sebelum membeli layanan hosting adalah soal kualitas yang disediakan. Dan saya merekomendasikan anda untuk tidak hanya membeli layanan hosting karena tergiur dengan harga murah yang ditawarkan.

Jika anda membuat situs web atau blog dengan tujuan bisnis dan menghasilkan uang, penting bagi anda untuk memiliki kualitas hostinf yang baik. Hosting yang baik itu mencakup kecepatan, keamanan, hingga layanan purna jual yang baik.

Dan selama bertahun-tahun, saya sudah menggunakan berbagai hosting dari berbagai penyedia hosting, akhirnya saya merekomendasikan anda menggunakan Niagahoster.

Sebagai pemula, saya menyarankan anda untuk membeli layanam hosting Unlimited Hosting mereka paket personal selama 3 tahun. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan harga termurah yaitu 1 juta Rupiah dan gratis domain. Karena bisa saja, bisnis anda belum menghasilkan biaya yang cukup untuk membayar biaya perpanjangan ditahun berikutnya. Namun karena anda berlangganan langsung selama 3 tahun, anda bisa dengan tenang karena meskipun pada tahun pertama bisnis anda belum berhasil, anda tidak perlu membayar biaya perpanjangan di tahun kedua dan ketiga.

Beli Sekarang

Gunakan kode kupon WordPressku untuk mendapatkan diskon tambahan sebesar 5%.

Kesimpulan

Itu tadi penjelasan lengkap seputar apa itu hosting dan apa saja jenis-jenis hosting. Intinya, hosting adalah tempat dimana anda akan menyimpan seluruh data web anda. Dan sebagai pemula, layanan shared hosting atau unlimited hosting adalah solusi yang paling tepat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share