Apa Itu Hosting? Pengertian dan Jenis-Jenis Hosting

Hosting merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan berbagai file yang berhubungan dengan situs web.

9

Apa itu hosting – Karena untuk menggunakan WordPress.org anfa harus menyediakan hosting dan nama domain, saya pikir perlu bagi anda untuk mengetahui seputar Hosting atau Web Hosting.

Baca Juga : Apa Itu WordPress? Jenis-Jenis WordPress dan Perbedaannya

Karena situs WordPressku ini dikhususkan bagi pemula, maka saya akan menjelaskan secara rinci apa itu hosting dan jenis-jenis hosting. Jadi, teruslah membaca.

Apa Itu Hosting

apa itu hosting

Dalam bahasa non teknis, hosting merupakan tempat dimana anda akan menyimpan seluruh data situs web WordPress anda. Data situs web ini beragam, mulai dari file gambar hingga file inti WordPress itu sendiri.

Sementara untuk bahasa teknis, hosting merupakan sekumpulan atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet yang digunakan untuk menyimpan seluruh data situs web. Karena server ini terhubung ke jaringan internet, anda atau siapapun yang memiliki koneksi internet bisa mengakses situs web anda melalui aplikasi browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dll.

Jadi, situs web anda tidak akan pernah bisa diakses oleh siapapun jika situs web tersebut tidak memiliki hosting. Itulah mengapa, jika anda ingin memiliki situs web atau blog apapun (baik dengan WordPress ataupun tidak), anda pasti memerlukan hosting atau webhosting.

Jenis-Jenis Hosting

Jenis-Jenis Hosting

Meski anda bisa membuat server sendiri, namun sebagai pemula hal itu tidak direkomendasikan. Selain tidak hanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, anda memerlukan berbagai kemampuan management server termasuk pengoperasian bahasa pemograman untuk menginstall dan menjalankan berbagai software pada server anda.

Jadi, solusi yang paling tepat adalah dengan menyewa layanan hosting. Dan anda bisa menemukan berbagai penyedia hosting dengan mencarinya di halaman pencarian Google. Namun, jangan terburu-buru, karena pada bagian akhir, saya akan merekomendasikan satu tempat dimana anda bisa membeli layanan hosting dengan harga yang terjangkau namun kualitas yang terbaik.

Sebelum itu, saat anda mengunjungi situs web penyedia layanan hosting ini, anda akan menemukan berbagai jenis layanan hosting berikut paket-paket yang ditawarkan. Dan sebelum anda memilih, teruslah membaca tulisan ini untuk mengetahui jenis-jenis hosting yang ada dipasaran saat ini.

1. Shared Hosting

Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting berbagi. Itu artinya, saat anda menyewa layanan hosting ini, penyedia hosting akan menyediakan satu server yang digunakan oleh banyak pelanggan dan situs web mereka termasuk anda sendiri. Dan itulah mengapa biayanya yang paling murah.

Dengan menggunakan layanan ini juga, anda akan berbagi resource server dengan pengguna lainnya yang ada didalam server tersebut. Resource server ini mencakup penggunaan CPU, RAM, Memori penyimpanan, dan lain sebagainya. Dan biasanya, pihak penyedia hosting akan memberikan alokasi resource server yang sama untuk setiap pelanggan yang ada didalamnya.

Layanan ini sangat tepat bagi anda yang masih pemula. Selain harganya yang murah, anda hanya berfokus pada situs web anda karena pada sisi maintenance server semuanya diurus oleh pihak penyedia hosting.

2. VPS Hosting

VPS Hosting

VPS singkatan dari Virtual Private Server. Itulah mengapa saat anda menggunakan layanan ini, anda akan seperti mengelola satu server untuk anda sendiri (sebenarnya tidak).

Anda tetap akan berbagi server dengan pengguna lainnya. Hanya saja, anda bisa memesan besaran resource server yang akan anda gunakan seperti besaran CPU, besaran jumlah RAM, besaran ruang penyimpanan, dll. Jadi, anda bisa bekerja dengan seluruh situs web anda menggunakan resource server yang khusus untuk anda tanpa adanya gangguan dari pengguna lainnya meski menggunakan server yang sama.

Selain itu, anda juga bisa menentukan OS (Operational System) yang anda ingin gunakan, bebas menginstall software apapun kedalam hosting anda yang mungkin anda perlukan, dan lain sebagainya.

Layanan VPS sangat tepat anda gunakan jika situs web anda mengalami lonjakan traffic yang tidak bisa ditampung oleh Shared Hosting. Namun, anda akan memerlukan biaya yang lebuh mahal dan memerlukan sedikit kemampuan manajemen server untuk menginstall, menjalankan atau mengupdate software.

3. Cloud Hosting

Cloud Hosting

Jika pada shared hosting hanya menggunakan satu server, Cloud Hosting menggunakan multi server untuk menghandle berbagai situs web milik pelanggan didalamnya. Tentu ini menjadi lebih baik, karena ketika server utama sedang mengalami gangguan maka selurub traffic akan dialihkan keserver lainnya yang masih dalam satu cluster dengan server utamanya.

Dan ini adalah solusi yang tepat jika anda ingin mengupgrade layanan shared hosting anda karena traffic yang mulai meninggi, namun VPS masih terlalu mahal.

Dan karena Cloud Hosting menggunakan multi server, layanan ini juga akan memberikan anda resource server yang lebih besar dibandingkan dengan shared hosting konvensional.

4. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting

Menggunakan layanan Dedicated Hosting itu artinya anda menyewa satu server hanya untuk anda sendiri dan seluruh situs web dan aplikasi anda. Tidak akan ada pelanggan lain didalamnya kecuali anda sendiri. Itulah mengapa namanya Dedicated Hosting, karena satu server didedikasikan untuk digunakan oleh anda seorang diri dan seluruh situs web dan aplikasi anda.

Tentu, layanan ini membutuhkan kemampuan manajemen server tingkat tinggi karena layanan ini sepenuhnya dikelola oleh anda sendiri. Dan layanan ini merupakan layanan hosting paling mahal yang ada saat ini.

Biasanya, layanan ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki traffic yang sangatlah besar dan basis pengguna yang menjangkau hampir seluruh Indonesia.

Hosting Mana Yang Tepat Untuk Saya?

Karena situs blog WordPressku ini dikhususkan bagi pemula, saya merekomendasikan anda untuk menggunakan layanan Shared Hosting. Dan ketika traffic situs web atau blog anda mulai melonjak hingga sering mengalami down (tidak bisa diakses karena padatnya traffic web anda), maka anda bisa meningkatkan ke Cloud Hosting ataupun VPS Hosting.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, layanan Shared Hosting merupakan layanan hosting yang paling murah. Selain itu, sebagai pemula anda tidak perlu mengurusi soal maintenance server anda. Anda hanya berfokus pada pengembangan situs web atau blog anda saja.

Tempat Membeli Hosting Yang Murah dan Berkualitas

Tempat Membeli Hosting Termurah dan Terbaik

Jika anda mencari di google dengan mengetik “hosting murah di Indonesia”, anda akan menemukan ada banyak penyedia layanan hosting. Namun, jangan sembarangan memilih penyedia layanam hosting.

Tentu sebagai orang yang awam didunia WordPress ataupun situs web, anda tidak ingin masalah teknis akan mengganggu pikiran dan pekerjaan anda bukan? Anda tentu ingin berfokus pada pembuatan dan pengembangan situs web ataupun blog anda.

Karena tidak sedikit penyedia yang menawarkan layanan hosting dengan harga yang sangat murah, namun kualitas yang diberikan tidaklah yang anda harapkan.

Berdasarkan pengalaman saya sejak tahun 2006, saya sudah hampir menggunakan berbagai hosting yang disediakan oleh berbagai penyedia hosting. Namun, saya akan merekomendasikan anda untuk menggunakan layanan hosting yang disediakan oleh Niagahoster.

Sebagai pemula, saya akan merekomendasikan anda menggunakan layanan Shared Hosting / Unlimited Hosting paket personal langsung selama 3 tahun. Layanan ini akan anda dapatkan dengan harga lebih murah (1 jutaan rupiah saja). Selain itu, anda juga akan mendapatkan gratis domain selama anda berlangganan.

Selama saya menggunakan layanan mereka, saya hampir tidak pernah menemuka kendala apapun. Jikapun saya menemukan kendala, tim teknis mereka akan dengan sigap dan cepat menyelesaikan permasalahan anda melalui Live Chat yang selalu tersedia selama 24 Jam.

Selain itu, anda juga bisa membatalkan layanan hosting anda dalam jangka waktu 30 hari jika anda tidak puas dan anda akan mendapatkan refund 100%.

Gunakan kode kupon BLOGBARU untuk tambahan diskon 5% untuk pembelian paket hosting apapun di Niagahoster.

Kesimpulan

Jadi hosting merupakan tempat dimana seluruh data situs web atau blog anda disimpan. Tanpa hosting, anda tidak akan pernah bisa memiliki situs web atau blog apapun. Selain itu, tanpa hosting juga situs web anda tidak akan pernah bisa ditemukan dan diakses oleh siapapun di internet.

Hosting memiliki berbagai jenis hosting seperti Shared Hosting, VPS, Cloud Hosting dan Dedicated hosting. Dan tentu saja, layanan shared hosting adalah yang paling tepat bagi pemula.

Terakhir, gunakan layanan hosting yang berkualitas dan jangan berfokus pada hanya harganya yang murah. Ingat, jika anda ingin menghasilkan uang dari situs web atau blog anda, hosting andapun haruslah berkualitas. Dan layanan hosting yang berkualitas bisa anda dapatkan di Niagahoster.

Leave A Reply

Your email address will not be published.