Dark Light

Apakah anda merasa bahwa situs website atau blog WordPress anda memiliki loading yang lama? Maka itu artinya, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan agar situs web WordPress anda memiliki waktu muat (loading) yang lebih cepat.

Baca Juga : Perbedaan WordPress.com vs WordPress.org

Memiliki website yang cepat saat ini seperti menjadi sebuah keharusan. Bagaimana tidak, hasil survei menunjukan bahwa situs web yang lambat akan kehilangan pengunjungnya dengan lebih cepat. Selain itu, dijaman sumber informasi yang lebih mudah diakses dari internet, orang-orang membutuhkan informasi yang lebih cepat untuk diakses.

Jadi, bagi anda yang ingin membuat situs websitenya atau blognya menjadi lebih cepat, maka lanjutkanlah membaca.

Cara Mengukur Kecepatan Website

Sebelum masuk ke cara mempercepat loading website, perlu bagi anda untuk mengukur seberapa cepat sebenarnya situs web anda. Ini adalah hal yang penting untuk anda lakukan agar anda tidak hanya menebak-nebak apakah situs web anda memang lambat atau itu hanya terjadi pada anda saja.

Maksud saya, bisa saja situs web anda terasa lambat saat anda akses dibandingkan saat diakses oleh orang lain. Dan itu bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kondisi jaringan internet anda.

Jadi, anda bisa mengecek kecepatan situs web anda dengan menggunakan bantuan pihak ketiga. Alat yang bisa anda gunakan adalah Page Speed Insights dari Google. Yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi website Page Speed Insights, memasukkan alamat website anda (nama domain) dan mulai mengukur kecepatannya.

Hasil Pengukuran Kecepatan Situs Web WordPressku

Dan jika hasil pengujian anda mendapati skor 90 sampai 100 (berwarna hijau), maka situs web anda termasuk cepat saat diakses. Namun jika tidak, maka anda perlu melakukan beberapa hal agar situs web anda bisa menjadi lebih cepat.

Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Seperti gambar yang saya tunjukan sebelumnya, hasil pengujian kecepatan situs web atau blog ini sangat baik. Blog WordPressku ini mendapatkan poin 97 pada perangkat mobile dan poin 100 pada perangkat desktop. Itu artinya blog WordPressku tergolong cepat saat diakses baik menggunakan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet termasuk perangkat desktop seperti PC atau laptop.

Jadi inilah yang saya lakukan hingga blog WordPressku ini bisa secepat itu.

Gunakan Hosting Berkualitas

cara mempercepat loading website wordpress

Ini adalah hal penting yang perlu anda perhatikan. Saya tidak memungkiri meski ini bukan hal yang utama, namun faktanya bahwa blog WordPressku juga pernah menggunakan hosting yang tidak diambil dari Niagahoster.

Saya tidak akan menyebutkan dimana saja blog ini sudah menggunakan hosting sebelum di Niagahoster. Namun sejauh saya menggunakan hosting yang disediakan oleh Niagahoster, situs blog saya memiliki peningkatan kecepatan yang cukup signifikan.

Saya sarankan agar tidak tergoda dengan iming-iming harga murah! Karena dimanapun itu, akan selalu berlaku Ada Harga, Ada Kualitas.

Selaain itu, jika situs web atau blog anda menggunakan Shared Hosting, anda juga meningkatkannya ke Cloud Hosting atau VPS. Hal ini bisa diakibatkan karena situs web atau blog anda sudah memiliki traffic yang tinggi. Dan dengan traffic yang tinggi tersebut, tentu akan mempengaruhi performa kecepatan situs web anda yang masih menggunakan shared hosting.

Baca Juga : Pengertian Hosting dan Jenis-Jenis Hosting

Gunakan Tema Lain

Hal kedua yang saya lakukan hingga blog WordPressku memiliki kecepatan yang sangat baik adalah dengan mengubah temanya. Dan ketika saya mengubah tema blog ini menjadi tema yang saat ini, kecepatan akses dari blog ini berubah sangat signifikan.

Itu artinya tidak semua tema dioptimalkan untuk kecepatan. Jadi, saya menyarankan anda untuk mencoba menggunakan versi bajakan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli tema originalnya.

Itu perlu anda lakukan untuk meastikan apakah tema premium yang akan anda beli itu tidak mempengaruhi kecepatan situs web anda menjadi melambat. Namun, JANGAN GUNAKAN TEMA BAJAKAN UNTUK KEPERLUAN PRODUKSI. Karena menggunakan tema bajakan untuk keperluan produksi maka akan sangat rentan terhadap keamanan situs web atau blog WordPress anda.

Sebagai informasi, saat tulisan ini diterbitkan, blog ini menggunakan tema Uppercase.

Kecilkan File Gambar

Saat anda mengakses situs web apapun, anda akan menerima seluruh file web tersebut termasuk file gambar. Itu artinya, semakin besar ukuran gambar pada situs web anda maka orang-orang akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengakses situs web anda.

Jadi upayakan agar file gambar anda tidaklah terlalu besar. Saya menyarankan anda menggunakan format gambar JPG alih-alih menggunakan PNG. Namun, anda juga bisa menggunakan bantuan dari salah satu plugin mengkompress ukuran gambar ini.

Mengaktifkan Cache

Dengan mengaktifkan cache maka situs web anda akan membuat tempat baru untuk penyimpanan sementara situs web anda. Yang mana saat orang-orang mengunjungi situs web anda, mereka akan menerima file yang ada di cache tersebut alih-alih menerima file langsung dari server hosting anda.

Disini anda bisa menggunakan bantuan dari salah satu plugin cache gratis terbaik ini. Dan untuk blog WordPressku ini, saya menggunakan WP Fastest Cache versi gratis.

Menggunakan CDN

cara mempercepat loadong website wordpress

Jika anda menghendaki pengunjung website yang berasal dari luar Indonesia, maka saya menyarankan anda untuk menggunakan CDN. Salah satu CDN gratis terbaik yang bisa anda gunakan adalah Cloudflare.

Dengan CDN, seluruh file situs web anda akan digandakan ke server lain di negara lain. Jadi saat pengunjung mengakses situs web anda dari Los Angles, dia akan diarahkan ke server CDN terdekat ke lokasinya. Tentu itu akan memakan waktu yang lebih sedikit ketimbang langsung mengakses data web anda ke server aslinya di Indonesia.

Kesimpulan

Itu tadi cara mempercepat loading website WordPress. Jadi beberapa hal bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loaidng website anda yaitu menggunakan hosting yang terbaik, menggunakan tema yang dioptimalkan untuk kecepatan, mengaktifkan cache dan menggunakan CDN.

Jika anda memiliki cara lain, silahkan beritahu pembaca lainnya melalui kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share