Dark Light

Plugin sejatinya digunakan untuk menambahkan fitur baru kedalam situs web WordPress. Fitur-fitur baru ini seperti untuk membuat form kontak, fitur toko online, fitur keamanan, fitur SEO dan lain sebagainya.

Dan bagi anda yang masih baru pertama kalinya menggunakan WordPress, anda perlu tahu juga bagaimana caranya untuk menginsta plugin ini. Dan cara menginstall plugin ini, caranya hampir sama dengan cara menginstall tema WordPress yang sudah saya buat sebelumnya.

Jadi, mari langsung saja ke tutorialnya.

Cara Menginstall Plugin WordPress Melalui Dashboard Admin

Perlu anda ingat, cara ini Hanya Bisa anda gunakan apabila anda ingin menginstall plugin WordPress gratis dari Repositori Plugin WordPress.

Pertama, silahkan login terlebih dahulu ke dashboard admin WordPress anda. Secara default, anda hanya perlu menambahkan “/wp-admin” setelah nama domain anda untuk mengakses halaman login ini. Ini akan terlihat seperti domainanda.com/wp-admin. Setelahnya silahkan masukkan username dan password admin WordPress anda.

Halaman login WordPress

Selanjutnya, klik menu Plugins -> Add New. Setelah itu, silahkan ketik nama plugin atau fungsi plugin yang ingin anda cari pada kolom pencarian yang tersedia.

cara menginstall plugin wordpress
Plugins -> Add New

Dalam contoh ini, saya akan menggunakan pencarian dengan nama plugin. Jadi, pada kolom pencarian, saya mengetik nama plugin yaitu WPForms. Yang mana plugin ini nantinya akan saya gunakan untuk membuat berbagai form termasuk form kontak.

Dan setelah anda menemukan plugin yang anda inginkan, klik tombol “install” pada kotak plugin tersebut.

Klik tombol “Install” pada plugin yang diinginkan

Dan setelah proses instalasi selesai, silahkab klik “Activate” untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Klik “Activate” untuk mengaktifkan plugin

Tahap akhir adalah mengatur plugin. Dan ditahap ini, saya tidak akan menjelaskannya disini karena tiap plugin memiliki cara pengaturan yang berbeda-beda.

Namun, anda bisa mencari menu baru yang tertambah secara otomatis di dashboard admin WordPress anda. Biasanya nama menu tersebut akan sama dengan nama plugin yang barusaja anda aktifkan tersebut. Anda juga bisa memeriksa bagian pengaturan plugin pada menu Settings.

Menginstall Plugin Dengan Upload Dari Dashboard WordPress

Metode ini bisa anda gunakan apabila anda berniat untuk menginstall plugin dari sumber eksternal atau plugin premium. Namun, sebelum anda menginstall plugin tersebut, pastikan anda sudah mendownload pluginnya terlebih dahulu. Dan biasanya, file plugin yang diperlukan adalah format .zip.

Pertama, silahkan masuk terlebih dahulu ke dashboard admin WordPress anda.

Halaman login WordPress

Setelahnya, klik menu Plugins -> Add New. Kemudian, klik tombol “Upload Plugins“.

cara menginstall plugin wordpress
Klik tombol “Upload Plugin”

Kemudian klik “Choose File” dan pilih file plugin yang sudah anda download sebelumnya. Ingat, format file pluginnya adalah .zip. Dan setelah anda memilih file plugin, anda akan kembali lagi dan klik tombol “Install Now“.

Klik “Choose File”, Pilih file Plugin dan klik tombol “Install Now”

Silahkan tunggu hingga proses instalasi selesai. Dan setelah instalasi selesai, klik “Activate Plugin” untuk mengaktifkan plugin.

Klik “Activate Plugin”

Selanjutnya anda hanya perlu mencari menu plugin tersebut di dashboard admin WordPress anda untuk mengatur plugin tersebut.

Menginstall Plugin WordPress Melalui cPanel

Cara ini bisa anda lakukan jika cara pertama dan kedua mengalami kegagalan. Umumnya, cara kedua tidak bisa digunakan apabila file plugin memiliki ukuran yang besar. Apalagi anda yang menggunakan shared hosting, jumlah ukuran file yang bisa anda upload biasanya dibatasi.

Sebelum anda mulai menggunakan cara ini, pastikan anda sudah mendownload file pluginnya terlebih dahulu. Setelah file plugin anda download, kini anda siap untuk menggunakan cara ini.

Pertama, silahkan login terlebih dahulu ke cPanel anda. Dan untuk mengakses halaman cPanel, anda hanya perlu menambahkan “/cpanel” setelah nama domain anda pada browser. Ini akan terlihat seperti namadomain.com/cpanel. Kemudian, silahkan masukkan username dan password cPanel anda.

Halaman Login cPanel

Setelahnya, buka “File Manager” di cPanel anda.

cara menginstall plugin wordpress melalui cpanel

Anda akan membuka tab baru secara otomatis. Disana, silahkan pilih public_html -> wp-content -> plugins.

Public_HTML -> wp-content
Klik 2 kali pada folder Plugins

Disana anda akan melihat seluruh plugin yang sudah ada pada situs WordPress anda. Kemudian, klik tombol “Upload” pada bagian atas.

Klik “Upload”

Kemudian anda akan membuka tab baru secara otomatis. Disana klik tombol “Select File” dan pilih file zip plugin yang sudah anda download sebelumnya.

Klik “Select File” dan pilih file zip plugin anda

Selanjutnya, tunggu hingga prosesnya selesai. Dan setelah proses upload selesai, anda bisa menutup tab browser ini dan kembali ke tab sebelumnya (tab folder plugin).

Di bagian ini, klik kanan pada file plugin dan pilih “Extract“.

Klik kanan pada file plugin dan pilih extract

Tahap terakhir anda hanya perlu mengklik tombol “Extract File(s)“.

Sampai disitu anda sudah selesai menginstall plugin WordPress. Langkah terakhir, anda perlu masuk ke dashboard admin WordPress anda dan pilih menu Plugins -> All Plugins. Kemudian silahkan klik “Activate” pada plugin yang barusaja anda upload sebelumnya.

Kesimpulan

Itu tadi 3 cara menginstall plugin pada WordPress dengan mudah. Anda bisa menggunakan kesemua cara untuk menginstall plugin gratis yang ada di direktori plugin WordPress. Sementara jika anda ingin menginstall plugin premium, silahkan gunakan cara kedua atau ketiga.

Apabila anda mengalami kendala, beritahu saya melalui kolom komemtar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share