Dark Light

Setelah anda menginstall WordPress melalui cPanel, kini anda siap untuk menginstall tema WordPress anda.

Ada 2 jenis tema WordPress yang tersedia. Pertama adalah tema WordPress gratis dan yang kedua adalah Tema WordPress premium. Keduanya sama baiknya namun biasanya Tema WordPress premium hadir dengan berbagai fitur tambahan.

Tema WordPress gratis ini bisa anda dapatkan dari repository tema WordPress dengan cara mendownloadnya dari sana dan menginstallnya ke situs WordPress anda. Tema gratis ini juga bisa anda dapatkan dari menu Themes -> Add New melalui dashboard admin WordPress anda.

Oke, sekarang kita langsung ke cara menginstall tema WordPressnya saja.

Cara Menginstall Tema WordPress Melalui Dashboard Admin

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menginstall Tema WordPress adalah melalui Dashboard Admin. Namun perlu anda ingat, cara ini hanya bekerja jika anda ingin menginstall tema WordPress gratis yang ada di repository tema WordPress.

Pertama, silahkan login terlebih dahulu ke dashboard admin WordPress anda. Dan untuk menemukan halaman login, anda hanya perlu menambahkan “/wp-admin” setelah nama domain anda. Ini seperti namadomain.com/wp-admin.

Halaman login WordPress

Setelahnya silahkan masukkan username dan password login WordPress anda.

Kedua, mencari tema yang diinginkan. Caranya klik menu Appearance -> Themes. Setelahnya, klik tombol “Add New“.

cara menginstall tema wordpress
Appearance -> Themes. Kemudian tombol “Add New”

Selanjutnya, silahkan mencari tema yang diinginkan pada kolom pencarian yang tersedia. Disana anda bisa mencari tema dengan mengetik nama tema atau kategori tema seperti blog atau business dan lain sebagainya.

cara menginstall tema wordpress
Cari tema pada kolom pencarian

Ketiga, install tema. Dan setelah anda menemukan tema yang anda inginkan, klik tombol “Install” pada kotak tema tersebut.

cara menginstall tema wordpress
Klik tombol “Install” pada tema

Keempat, aktifkan tema. Setelah proses instalasi tema selesai maka klik tombol “Activate” untuk mengaktifkan tema.

Cara menginstall tema wordpress
Klik tombol “Activate”

Langkah terakhir adalah mengatur tema anda. Saya tidak bisa menjelaskan secara rinci bagaimana mengatur tema karena setiap tema memiliki pengaturan yang berbeda. Namun biasanya, anda bisa mengatur tema anda melalui menu Appearance -> Customize. Anda juga bisa mencoba untuk mencari menu tema yang mungkin secara otomatis ditambahkan di dashboard admin WordPress anda.

Menginstall Tema WordPress Dengan Upload Melalui Dashboard Admin

Metode lain untuk menginstall tema WordPress adalah dengan menguploadnya melalui dashboard admin WordPress anda. Cara ini bisa anda gunakan jika anda mendownload tema gratis melalui repository tema WordPress atau jika anda membeli tema premium dari sumber terpercaya.

Anda juga bisa menggunakan cara ini jika anda mendownload tema WordPress gratis yang tersedia di Daftar Tema WordPress yang sudah saya buat di blog ini.

Pertama, silahkan login ke dashboard admin WordPress anda terlebih dahulu.

Kedua, mengupload tema. Sebelum anda mengupload tema, anda perlu mendownload temanya terlebih dahulu. Dan jika anda mendownload tema premium, pastikan anda menekstrak terlebih dahulu hingga anda menemukan namatema.zip. Hal ini karena biasanya, tema premium berisi file lain seperti file dokumentasi selain file tema.zip itu sendiri. Jadi, file yang akan diupload nantinya adalah yang namatema.zip.

Setelah itu, kunjungi menu Appearance -> Themes. Dan setelahnya, klik tombol “Add New“.

Appearance -> Themes. Kemudian tombol “Add New”

Setelah itu, klik tombol “Upload Theme“.

Klik tombol “Upload Theme”

Dihalaman selanjutnya, klik tombol “Choose File” dan pilih tema yang sudah anda download / ekstrak sebelumnya. File tema tersebut haruslah berformat .zip seperti namatema.zip. Disini saya menggunakan contoh tema Divi maka nama file tema itu adalah divi.zip.

Setelah itu klik tombol “Install Now” dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Klik “Choose File” dan pilih file tema kemudian klik “Install Now”

Ketiga, mengaktifkan tema. Dan setelah tema selesai diinstall, klik “Activate” untuk mengaktifkan tema.

Klik “Activate”

Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengatur tema WordPress anda.

Menginstall Tema WordPress Melalui FTP

Jika anda menggunakan shared hosting, anda mungkin akan mengalami error ketika menggunakan cara kedua diatas. Biasanya, error itu diakibatkan karena ukuran file tema yang terlalu besar. Jadi, untuk menginstall tema tersebut, anda bisa menggunakan cara ketiga ini.

Pertama, download Filezilla. Disini saya akan mencontohkan dengan menggunakan Filezilla. Dan hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mendownload dan menginstall Filezilla ke desktop atau pc anda. DOWNLOAD FILEZILLA.

Kedua, hubungkan filezilla dengan akun hosting anda. Setelah filezilla berhasil anda install, maka buka aplikasinya dan hubungkan dengan akun hosting anda. Untuk menghubungkan filezilla ini, anda bisa meminta bantuan dari penyedia hosting anda untuk memandu anda. Biasanya hal ini tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukannya.

Ketiga, mengupload folder tema. Setelah berhasil, pada bagian kiri cari folder tema yang sudah anda ekstrak sebelumnya. Jadi, anda perlu mengekstrak file tema namatema.zip hingga menghasilkan folder dengan nama tema tersebut.

Sementara pada sisi sebelah kanan, alihkan ke folder wp-content/themes.

Klik kanan pada folder tema dan pilih “Upload”

Tunggu hingga proses upload selesai.

Keempat, mengaktifkan tema. Setelah proses upload selesai, silahkan kembali ke dashboard admin WordPress anda. Disana klik menu Appearance -> Themes. Dan setelahnya klik tombol “Activate” pada tema yang barusaja anda upload tadi.

Appearance -> Themes, Klik “Activate” pada tema

Kesimpulan

Itu tadi cara menginstall tema WordPress. Anda bisa memilih salah satu dari 3 cara yang tersedia. Dan apabila anda mengalami kendala, beritahu saya melalui kolom komentar dan saya akan dengan senang hati membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share