Dark Light

Setelah anda memiliki webhosting, kini saatnya anda menginstall WordPress. Jadi, karena pada dasarnya WordPress ini merupakan sebuah perangkat lunak, maka anda perlu menginstallnya terlebih dahulu.

Karena blog WordPressku memang ditujukan kepada pemula, maka saya akan beranggapan bahwa anda menggunakan Shared Hosting. Yang mana, ketika anda membeli layanan Shared Hosting, maka hosting anda alan dilengkapi dengan cPanel. Dan apabila anda membeli layanam hosting unlimited yang disediakan oleh Niagahoster, maka sudah pasti layanan hosting anda akan dilengkapi dengan cPanel.

Baca Juga : Apa itu Hosting

Untuk mengetahui apakah layanan hosting yang anda gunakan itu menggunakan cPanel atau tidak, anda bisa mengeceknya dengan mudah. Caranya cukup menambahkan “/cpanel” setelah nama domain anda. Dan ketika anda melihat tampilan halaman seperti gambar dibawah ini, itu artinya anda siap untuk lanjut membaca tutorial ini.

Halaman Login cPanel

Cara Menginstall WordPress di cPanel

cPanel merupakan sebuah kontrol hosting berbasis web. Dengan cPanel, anda bisa melakukan banyak hal seperti menambahkan domain, membuat subdomain, menginstall SSL, hingga menginstall WordPress. Dan ini adalah tahapan untuk menginstall WordPress melalui cPanel hosting anda.

Login ke cPanel

Pertama, silahkan untuk login terlebih dahulu ke akun cPanel hosting web anda. Dan jika anda tidak tahu detail login cPanel anda, silahkan hubungi penyedia hosting anda.

Biasanya, anda akan menerima detail login cPanel ini melalui email terdaftar ketika akun hosting anda diaktifkan untuk pertama kalinya.

Cari Softaculous Apps Installer

Setelah berhasil login, silahkan cari Softaculous Apps Installer. Biasanya, menu ini berada dibagian paling bawah.

Klik pada “Softaculous Apps Installer”

Tombol Install Pada WordPress

Setelahnya, arahkan kursor mouse anda ke kotak WordPress. Disana anda akan menemukan tombol “install” berwarna biru dab klik pada tombol tersebut.

Arahkan kursor ke WordPress dan Klik “Install”

Mengisi Kolom Yang Diperlukan

Setelahnya, anda akan diminta untuk mengisi kolom yang diperlukan untuk instalasi WordPress. Silahkan ikuti panduan pengisian berikut ini :

  1. Choose Protocol : Saya lebih merekomendasikan anda menggunakan https:// atau https://www.
  2. Choose Domain : Pilih domain mana yang ingin anda installkan WordPress.
  3. In Directory : hapus dan biarkan kosong.
  4. Site Name : Isi dengan nama situs web anda.
  5. Site Description : Isi dengan deskripsi singkat untuk situs web anda. Contoh : Blog Seputar WordPress adalah site description untuk situs web ini.
  6. Admin Username : isi dengan username yang ingin anda pakai untuk login ke dashboard admin WordPress anda nantinya. Ingat, ini tidak sama dengan username cPanel anda ya.
  7. Admin Password : Masukkan password yang akan gunakan nantinya untuk masuk ke dashboard admin WordPress anda.
  8. Admin Email : Masukkan alamat email anda. Alamat email ini nantinya digunakan untuk menerima seluruh notifikasi pada situs web WordPress anda dan digunakan untuk mereset password jika anda lupa password login anda.
  9. Select Language : Pilih bahasa yang ingin anda gunakan.
  10. Pada bagian advance options, JANGAN UBAH APAPUN! Biarkan semuanya secara default.
  11. Pada bagian select themes, jangan pilih tema apapun

Setelah semua terisi dengan benar, klik tombol “Install” yang paling akhir.

Klik tombol “Install” untuk mulai menginstall WordPress

Kemudian silahkan tunggu hingga proses instalasinya selesai.

Cara Login ke Dashboard Admin WordPress

Setelah proses instalasi, anda bisa lanjut login ke Dashboard Admin WordPress anda. Disana anda bisa mengatur berbagai hal ke situs web anda seperti menambahkan tema, menambahkan plugin, membuat postingan, membuat halaman, dll.

Untuk login ke Dashboard Admin WordPress anda, anda hanya perlu menambahkan “/wp-admin” dibelakangnya. Itu akan terlihat seperti domainanda.com/wp-admin. Selanjutnya silahkan masukkan username dan password yang tadi sudah anda buat saat mengisi kolom instalasi WordPress.

Halaman login WordPress

Kesimpulan

Itu tadi cara menginstall WordPress di cPanel menggunakan Softaculous dengan sangat mudah. Dan jika anda mengalami kendala untuk menginstall WordPress ini, beritahu saya melalui kolom komentar dan saya akan membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share