Cara Menginstall WordPress di cPanel Dengan Mudah

cPanel merupakan kontrol panel hosting yang umum anda temukan saat membeli layanan shared hosting. Cara menginstall WordPress di cPanel juga cukup sederhana dan mudah.

11

Cara menginstall WordPress di cPanel – cPanel merupakan kontrol panel hosting yang umum anda temui terutama saat anda membeli layanan Shared Hosting. Dengan cPanel, anda bisa mengatur layanan hosting anda tanpa perlu mengutak-atik kode apapun. Disana, anda bisa melakukan berbagai hal seperti membuat akun email (seperti [email protected]), menambahkan subdomain (seperti sub.namadomain.com), dan berbagai hal lainnya.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-Jenis Hosting

Seperti yang pernah saya katakan saat membahas jenis-jenis dan perbedaan WordPress, WordPress.org merupakan sebuah perangkat lunak atau software. Untuk itu, sebelum anda bisa menggunakan WordPress ini, anda perlu menginstallnya terlebih dahulu.

Dan jika anda sudah membeli layanan shared hosting, umumnya anda akan menggunakan cPanel untuk mengontrol akun hosting anda.

Apabila anda tidak yakin apakah akun hosting anda menggunakan cPanel atau tidak, cukup ketik namadomainanda.com/cpanel di browser anda. Jika anda menemukan halaman seperti gambar dibawah ini, maka itu artinya akun hosting anda menggunakan cPanel.

cara menginstall wordpress di cpanel
Tampilan Halaman Login cPanel

Jika anda masih tidak yakin, anda bisa menanyakan ke penyedia hosting anda apakah hosting anda menggunakan cPanel atau tidak. Namun, jika anda membeli layanan hosting unlimited dari Niagahoster, sudah tentu pasti anda menggunakan cPanel.

Cara Menginstall WordPress di cPanel

Setelah anda memastikan bahwa hosting anda menggunakan cPanel, mari lanjut ke cara menginstall WordPress di cPanel.

1. Login ke cPanel

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan masuk ke dashboard cPanel akun hosting anda. Dan untuk mengakses halaman login silahkan tambahkan “/cpanel” setelah nama domain anda pada browser. Jika nama domain anda misalkan wordpressku.com, maka ketiklah wordpressku.com/cpanel pada browser anda.

cara menginstall wordpress di cpanel
Tampilan Halaman Login cPanel

Setelah itu, masukkan username dan password cPanel anda. Detail ini akan anda terima pada email saat akun hosting anda diaktifkan pertama kalinya. Dan jika anda tidak menemukan detail ini pada email masuk anda, silahkan hubungi penyedia hosting anda. Dan jika anda membeli layanan hosting dari Niagahoster, silahkan klik LINK INI untuk melihat tutorial login ke halaman cPanel anda melalui akun Niagahoster anda.

Dashboard cPanel

Anda akan menemukan seperti gambar diatas saat anda sudah masuk ke dashboard cPanel anda.

2. Buka Softaculous

Selanjutnya silahkan klik “Softaculous Apps Installer“. Ini merupakan software yang umum ada pada cPanel yang bisa digunakan untuk menginstall berbagai program seperti Abante Cart, PrestaShop, termasuk WordPress hanya dengan beberapa klik.

Softaculous Apps Installer

3. Menemukan WordPress

Selanjutnya, anda akan langsung menemukan kotak WordPress di halaman Softaculous. Arahkan kursor mouse anda ke kotak WordPress dan klik tombol “Install” yang muncul didalam kotak WordPress tersebut.

Klik tombol “Install” pada kotak WordPress

4. Mengisi Formulir dan Install

Setelah itu, anda akan menemukan beberapa kolom formulir yang harus anda isi. Silahkan ikuti petunjuk berikut ini :

  1. Choose Protocol : Pilih https:// atau https://www.
  2. Choose Domain : Pilih nama domain yang ingin anda installkan WordPress.
  3. In Directory : Kosongkan atau hapus jika ada isinya.
  4. Site Name : Isi dengan nama situs web atau blog anda.
  5. Site Description : Isi dengan deskripsi singkat situs web atau blog anda.
  6. Enable Multi Site (WPMU) : Jangan Centang
  7. Admin Username : Masukkan username yang ingin anda gunakan saat masuk atau login ke dashboard WordPress anda.
  8. Admin Password : Masukkan password yang ingin anda gunakan saat masuk atau login ke dashboard WordPress anda.
  9. Admin Email : Isi dengan alamat email anda. Alamat email ini nantinya digunakan untuk menerima berbagai notifikasi termasuk untuk menerima link reset password login admin anda.
  10. Select Language : Pilih bahasa. Disini anda bisa memilih bahasa Indonesia. Yang mana seluruh bahasa WordPress anda akan menjadi bahasa Indonesia.
  11. Setelah itu biarkan semua kolom secara default atau jangan diutak-atik lagi.
  12. Klik tombol “Install” pada bagian paling bawah.
  13. Tunggu hingga proses instalasinya selesai.

Cara Login ke Dashboard WordPress

Setelah anda berhasil menginstall WordPress, anda akan melihat tampilan berhasil setelah proses instalasi selesai. Dan langkah selanjutnya adalah masuk ke dashboard admin WordPress anda.

Dashboard admin WordPress merupakan tempat dimana anda mengatur situs web WordPress anda mulai dari membuat postingan, membuat halaman, menginstall tema dan plugin, dan lain sebagainya.

Untuk mengakses dashboard admin WordPress anda, silahkan tambahkan “/wp-admin” setelah nama domain anda pada browser. Itu akan terlihat seperti domainanda.com/wp-admin. Kemudian, silahkan masukkan username dan password yang barusaja anda buat tadi.

Halaman Login WordPress

Setelah anda berhasil masuk, anda akan menemukan dashboard WordPress anda seperti gambar dibawah ini.

Dashboard Admin WordPress

Disana, anda akan menemukan berbagai menu dengan fungsinya masing-masing. Menu itu ada pada sebelah sisi kiri.

Kesimpulan

Itu tadi cara menginstall WordPress di cPanel. Anda hanya perlu masuk ke akun cPanel anda, menemukan Softaculous, menemukan WordPress, mengisi form instalasi WordPress dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Selanjutnya, anda bisa masuk ke dashboard admin WordPress anda dan mulai bekerja disana.

Saya merekomendasikan anda menggunakan Hosting Unlimited Personal 3 Tahun dari Niagahoster. Harga yang lebih terjangkau dengan kualitas terjamin. Gunakan juga kode kupon BLOGBARU untuk tambahan diskon 5% untuk pembelian laket hosting apapun di Niagahoster

BELI SEKARANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.