Menu Pada Dashboard WordPress Dan Fungsinya

Saat anda menggunakan WordPress untuk membuat sebuah situs web, anda akan memiliki dashboard admin WordPress. Disana ada berbagai menu yang bisa anda gunakan untuk mengatur situs web WordPress anda.

14

Menu pada dashboard WordPress – WordPress merupakan perangkat lunak populer yang digunakan untuk membuat situs web ataupun blog tanpa perlu memiliki kemampuan coding. Dan mungkin anda akan bertanya kepada saya tentang bagaimana caranya untuk mengatur situs web yang menggunakan WordPress.

Anda bisa mengatur situs web anda secara keseluruhan melalui yang namanya Dashboard Admin WordPress.

Dashboard Admin WordPress

Disana anda bisa menerbitkan postingan, membuat halaman (seperti halaman Home, About, dll), menginstall tema dan plugin WordPress, dan lain sebagainya.

Pada halaman Dashboard Admin WordPress, anda akan menemukan sejumlah menu yang ada pada sisi kiri. Kesemua menu tersebutlah yang nantinya akan anda gunakan untuk mengatur situs web WordPress anda.

Jadi, agar anda bisa lebih memahami penggunaan menu-menu tersebut, saya akan menjelaskan setiap menu pada dashboard WordPress. Namun, menu-menu ini bisa bertambah ketika anda sudah menginstall tema ataupun plugin. Jadi, saya hanya akan menjelaskan menu-menu yang ada pada saat anda barusaja menginstall WordPress.

Baca Juga : Cara Menginstall WordPress di cPanel

Cara Login ke Dashboard Admin WordPress

Sebelum anda bisa menggunakan menu-menu pada dashboard admin WordPress anda, anda perlu login (masuk) ke halaman dashboard admin WordPress anda.

Untuk masuk ke halaman dashboard admin WordPress, anda hanya perlu menambahkan /wp-admin setelah nama domain anda pada browser. Itu akan terlihat seperti namadomain.com/wp-admin. Setelahnya, silahkan masukkan username dan password login WordPress anda.

Halaman Login WordPress

Setelah anda berhasil login, maka anda akan menemukan dashboard admin WordPress seperti gambar dibawah ini.

Dashboard Admin WordPress

Menu Pada Dashboard WordPress

Setelah anda berhasil masuk ke halaman dashboard admin WordPress anda, mari kita lihat menu-menu pada dashboard WordPress dan fungsinya. Disana, anda akan menemukan menu dan submenu (turunan menu utama).

1. Dashboard (Dashbor)

Menu Pada Dashboard WordPress

Dashboard (dalam bahasa Indonesianya Dashbor), merupakan menu yang ketika anda klik akan menampilkan halaman utama dashboard WordPress anda. Disana, anda akan menemukan gambaran umum seputar situs WordPress anda termasuk informasi update dari WordPress.

2. Posts (Pos)

Menu Pada Dashboard WordPress
Menu Posts (Pos)

Ini bisa dibilang menu yang paling sering akan anda gunakan. Menu ini memiliki submenu yang berfungsi sebagai berikut:

  • All Post (Semua Pos) : Melihat seluruh postingan artikel yang sudah diterbitkan, yang masih dalam bentuk draft (belum dipublikasilan), melihat postingan yang dihapus, mengedit postingan.
  • Add New (Tambah Baru) : Digunakan untuk membuat postingan atau artikel yang baru. Disini anda bisa langsung mempublikasikan artikel atau menyimpannya sebagai draft (konsep).
  • Category (Kategori) : Untuk melihat, membuat, mengedit, menghapus kategori artikel.
  • Tag : Hampir sama dengan kategori artikel, namun biasanya tag digunakan untuk mengelompokkan artikel yang nemiliki kategori yang sama namun lebih spesifik.

3. Media

Menu Media

Biasanya, media digunakan untuk mengelola berkas file atau gambar atau video yang ada di situs WordPress anda. Berikut submenu dan fungsi yang ada pada menu media ini:

  • Library (Pustaka) : Submenu ini akan menampilkan seluruh berkas situs web anda seperti gambar, file, dan video. Disini anda bisa menghapus salah satu berkas atau keseluruhan berkas yang tidak anda gunakan lagi.
  • Add New (Tambah Baru) : Submenu ini bisa anda gunakan untuk mengupload berkas baru yang mungkin anda perlukan di situs web WordPress anda.

4. Pages (Laman)

Menu Pages (Laman)

Menu ini bisa anda gunakan untuk membuat, mengedit dan menghapus halaman pada situs WordPress anda. Disini anda bisa membuat berbagai halaman seperti halaman Home, About, Contact, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan anda.

Berikut ini adalah submenu dan fungsi dari menu Pages ini:

  • All Pages (Semua Laman) : Digunakan untuk melihat semua halaman yang sudah diterbitkan atau yang masih dalam bentuk konsep atau yang sudah dihapus.
  • Add New (Tambah Baru) : Digunakan jika anda ingin menambahkan atau membuat halaman baru ke situs WordPress anda.

5. Comments (Komentar)

Menu Comments

Pada menu ini, anda bisa melihat seluruh komentar yang masuk pada postingan artikel anda. Setiap komentar yang masuk, bisa anda setujui untuk diterbitkan atau dihapus atau ditandai sebagai spam. Semua hal-hal yang menyangkut komentar pada postingan artikel anda, bisa anda atur melalui menu ini termasuk membalas komentar.

6. Appereance (Tampilan)

Menu Appereance

Disini, anda bisa mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan tampilan. Berikut submenu dan fungsinya yang ada di Appereance atau tampilan:

  • Themes (Tema) : Digunakan untuk melihat tema yang aktif, menginstall dan mengaktifkan tema baru.
  • Customize (Sesuaikan) : Menyesuaikan tema yang aktif. Biasanya, anda akan mengatur tema melalui menu ini. Namun, beberapa tema akan membuat menu secara otomatis untuk anda mengatur tena tersebut.
  • Widget : Digunakan untuk membuat widget. Widget ini bisa berupa teks atau gambar atau yang lainnya, yang bisa anda letakkan pada bagian footer, bagian samping kiri atau kanan di sebuah postingan artikel.
  • Menu : Digunakan untuk membuat menu dan mengatur posisi peletakan menu (apakah bagian header, footer, dll).
  • Theme Editor : Digunakan untuk mengedit tema. Namun, pada bagian ini jangan anda lakukan jika anda tidak menguasai bahasa pemrograman PHP. Karena, jika anda salah menghapus kode tema, situs web anda tidak akan berjalan dengan baik.

7. Plugin

Menu Plugin

Disini adalah menu yang anda gunakan untuk menginstall plugin, menonaktifkan dan menghapus plugin yang terinstall. Terdapat beberapa submenu dari menu plugin seperti:

  • Installed Plugin (Plugin Terpasang) : Melihat, menonaktifkan dan menghapus plugin.
  • Add New (Tambah Baru) : Menambahkan dan menginstall plugin baru.
  • Plugin Editor : Untuk mengedit atau mengubah kode plugin. Namun, jika anda tidak memahamk bagian ini, saya tidak menyarankan anda untuk mengubah apapun dari bagian ini.

Baca Juga : Perbedaan Tema dan Plugin Pada WordPress

8. Users (Pengguna)

Menu Users (Pengguna)

Menu ini berfungsi untuk melihat, menambah atau mengubah peran pengguna yang memiliki akun di situs web WordPress anda.

Misalnya, jika anda membuat situs web berita yang memiliki banyak penulis didalamnya, anda bisa mengubah peran masing-masing pengguna anda. Beberapa tingkatan pengguna mulai dari yang tertinggi adalah Administrator, Editor, Penulis, Kontributor, dan Pelanggan.

Namun, jika anda ingin mengubah salah satu pengguna menjadi administrator, pastikan anda mempercayai pengguna tersebut.

9. Tools (Perkakas)

Menu Tools (Perkakas)

Biasanya, menu ini sangat jarang untuk digunakan. Mungkin akan anda gunakan sesekali jika sebuah plugin menambahkan submenu secara otomatis dibagian menu ini.

Umumnya, menu ini digunakan untuk mengekspor, mengimpor konten dari platform lain seperti RSS, dll.

10. Settings (Pengaturan)

Menu Settings (Pengaturan)

Disini anda bisa mengatur situs WordPress anda seperti mengubah permalink, menentukan format tanggal dan jam, dan lain sebagainya. Beberapa submenu yang tersedia diantaranya:

  • General (Umum) : Pengaturan umum seperti mengubah alamat email administrator, mengatur lokasi, mengatur format tanggal, mengatur format jam.
  • Writting (Menulis) : Mengatur panjang pendeknya sebuah artikel, mengatur jumlah artikel yang ingin ditampilkan perhalaman, dll.
  • Discussion (Diskusi) : Mengatur bagaimana anda memperlakukan komentar yang masuk.
  • Permalink : Mengatur struktur link untuk postingan, kategori, dan tag.

Kesimpulan

Itu tadi menu yang ada pada dashboard WordPress berikut fungsinya. Secara umum, keseluruhan menu ini sangat mudah untuk digunakan dan anda tidak perlu khawatir untuk mencoba masing-masing menu.

Sekali lagi, tampilan menu bawaan WordPress ini mungkin akan sedikit berbeda dengan milik anda. Namun secara umum, keseluruhan menu ini akan muncul disetiap WordPress versi terbaru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.