Dark Light

Setelah anda mengetahui bagaimana cara menginstall tema WordPress dan cara menginstall plugin WordPress, sekarang saya akan memberitahu apa perbedaan diantara keduanya.

Karena menurut saya, tidak sedikit dari anda yang masih baru mengenal WordPress akan bertanya apa itu tema dan apa itu plugin WordPress. Selain itu, mengetahui perbedaan diantara keduanya ini akan membantu anda menentukan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan tema dan kapan waktu yang tepat menggunakan plugin WordPress.

Perbedaan Tema dan Plugin WordPress

Agar lebih memudahkan anda memahami, mari anggap WordPress merupakan bagian inti. Sementara itu, Tema dan Plugin merupakan bagian tambahan yang bisa anda tambahkan ke situs WordPress anda.

Baca Juga : Apa Itu WordPress

Dan mari kita lihat satu persatu.

Apa Itu Tema WordPress

 

Sebuah situs website pasti memiliki design dan bentuk bukan? Sebuah website atau blog akan menampilkan bagaimana warnanya, bagaimana icon-icon ditampilkan, bagaimana posisi menunya dan bentuk menunya, bagaimana model header dan footernya, dan lain sebagainya.

Jadi, tema ini digunakan untuk mengatur bagaimana situs web anda ditampilkan. Dengan kata lain, tema merupakan sebuah alat tambahan yang akan digunakan untuk mengatur hampir sebagian besar bagaimana situs web anda dilihat oleh pengunjung.

Jenis-Jenis Tema WordPress

Ada 2 jenis tema WordPress yang tersedia saat ini. Pertama adalah tema WordPress gratis dan kedua adalah tema WordPress premium (berbayar).

Tema WordPress Gratis

Salah satu alasan mengapa WordPress menjadi sangat populer adalah adanya ribuan tema gratis yang bisa digunakan. Dan keseluruhan tema ini bisa anda lihat melalui menu “Appearance -> Themes” atau dengan mengunjungi direktori tema gratis WordPress.

Biasanya, tema WordPress gratis ini sangat terbatas dalam hal fitur. Namun, meskipun anda menggunakan tema gratis, itu tidak berarti anda tidak bisa membuat tampilan situs web yang ciamik. Dan sebagai alat tambahannya, anda bisa menggunakan plugin.

Tema Wordapress Premium

Jika anda menginginkan fitur yang lebih banyak untuk mengatur tampilan situs web anda, maka anda bisa menggunakan tema Premium. Dan sesusai namanya, anda bisa menggunakan tema premium dengan membayar sejumlah uang kepada developer.

Selain itu, dengan menggunakan tema premium, anda akan mendapatkan bantuan khusus jika anda mengalami kendala dengan tema yang anda beli. Dengan tema premium, anda juga akan rutin mendapatkan update atau pembaharuan dari pengembang. Yang mana pada setiap pembaharuan, pasti ada dilakukan perbaikan-perbaikan bug agar tema bisa bekerja dengan lebih baik dan optimal tentunya.

Apa Itu Plugin WordPress

Apa Itu Plugin WordPress
Plugin WordPress

Jika tema digunakan untuk mengatur bagaimana situs web anda akan ditampilkan, maka plugin digunakan untuk menambah berbagai futur ke dalam situs web anda.

Misalnya, jika anda ingin menjual produk atau layanan pada blog anda, anda bisa menggunakan plugin Woocommerce. Dengan plugin ini, situs web anda akan memiliki fitur baru layaknya sebuah toko online. Dengan begitu, setiap pengunjung blog anda bisa membeli produk atau layanan yang anda sediakan, melakukan pembayaran secara online, dan memantau orderan mereka hanya melalui akun mereka di blog anda.

Selain itu, plugin bisa juga digunakan untuk menambahkan alat bantu untuk anda. Misalnya, jika anda menggunakan tema gratis, anda mungkin ingin mengatur tata letak konten situs web atau konten anda bukan? Oleh karenanya, anda bisa menggunakan plugin page builder seperti Elementor ataupun Oxygen ataupun WP Bakery Builder.

Dan dengan plugin tersebut, anda bisa mengatur tata letak konten halaman home atau halaman lainnya dengan mudah. Anda hanya perlu mengklik, tahan, geser, dan lepas. Tidak perlu mengutak-atik coding apapun!

Jenis-Jenis Plugin

Sama halnya dengan tema, plugin juga memiliki 2 jenis. Jenis yang pertama adalah plugin WordPress gratis dan yang kedua adalah plugin WordPress premium.

Plugin WordPress Gratis

Plugin gratis merupakan plugin yang bisa anda dapatkan di “Plugins -> Add New” atau melalui direktori plugin gratis WordPress.

Biasanya, plugin gratis sudah cukup baik untuk digunakan. Namun, beberapa plugin (hampir sebagian besar plugin gratis) menawarkan opsi peningkatan ke versi PRO atau premiun. Yang tentu saja memiliki lebih banyak fitur dan pengaturan yang mungkin anda butuhkan.

Plugin WordPress Premium

Plugin ini merupakan plugin yang bisa anda gunakan dengan membayar sejumlah uang kepada pengembang. Dan plugin premiun ini, biasanya memiliki fitur tambahan yang tidak ada pada fitur plugin versi gratisnya.

Menggunakan Gratis Atau Premium?

Jika anda bertanya, lebih baik menggunakan tema/plugin gratis atau yang premium? Maka saya akan menjawab tergantung kebutuhan anda.

Sekali lagi, meskipun anda tidak memiliki banyak fitur dalam tema Gratis, anda mungkin bisa menambahkan fitur lainnya untuk mengatur tampilan situs web anda dengan bantuan plugin. Namun saya pribadi lebih menyukai menggunakan tema premium karena biasanya tema premium memberikan saya kebih banyak kemudahan dan lebih banyak opsi pengaturan.

Namun jika untuk plugin, saya masih lebih banyak menggunakan versi gratis. Karena pada versi gratisnya sudah lebih dari cukup bagi saya untuk fungsi pengaturan yang diberikan.

Kesimpulan

Itu tadi perbedaan tema dan plugin pada WordPress. Dan saya harap penjelasan ini bisa membantu anda mengenal WordPress lebih baik.

Saya juga sudah menyiapkan berbagai daftar rekomendasi plugin WordPress dan daftar rekomendasi tema WordPress. Jika anda memiliki pertanyaan seputar perbedaan ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
29
Share