Dark Light

Menggunakan WordPress merupakan cara yang paling populer untuk membuat situs web apapun. Dengan WordPress, anda bisa membuat situs web yang anda inginkan meskipun anda tidak menguasai bahasa pemrograman apapun.

Dan ketika anda mencari WordPress di Google, anda akan menemukan ada dua WordPress disana. Satu adalah WordPress.com dan satu adalah WordPress.org.

Meski sama-sama menggunakan WordPress, namun nyatanya keduanya berbeda. Jadi, bagi anda yang baru mengenal WordPress, jangan terburu-buru untuk memilih menggunakan yang mana. Karena disini saya akan memberitahu anda apa perbedaan diantara keduanya. Dengan begitu, anda bisa memutuskan WordPress mana yang lebih tepat untuk anda.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan yang paling utama diantara diantara keduanya adalah seputar hostingnya. WordPress.com menyediakan hostingnya untuk anda, sementara WordPress.org membebaskan anda untuk memilih hosting mana yang akan anda gunakan.

Jika anda menggunakan WordPress.com, anda tidak perlu lagi membeli layanan hosting dan nama domain secara terpisah. Anda bisa langsung menggunakannya dengan memilih paket gratis yang tersedia atau memilih paket berbayar dengan berbagai fitur tambahan didalamnya.

Sementara untuk menggunakan WordPress.org, anda perlu memiliki hosting dan nama domain sendiri. Karena pada dasarnya WordPress.org merupakan software/perangkat lunak, jadi anda bisa mendownloadnya dan menginstallnya ke akun hosting anda. Anda bisa memilih akan menggunakan hosting apa dan darimana anda akan mengambil layanan hostingnya.

Biaya Penggunaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com memang memungkinkan anda untuk membuat situs web secara gratis. Maksud saya gratis adalah anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk membuat web dengan menggunakan WordPress.com.

Meski begitu, anda akan mendapatkan berbagai batasan dan kelemahan seperti:

  1. Tidak bisa menggunakan nama domain sendiri seperti namaanda.com. Sebagai gantinya, anda akan mendapatkan subdomain wordpress.com. Dan itu terlibat seperti nama.wordpress.com.
  2. Adanya iklan di situs atau blog anda. Itu adalah bentuk kompensasi bagi WordPress yang sudah menyediakan hosting gratis bagi anda dan sayangnya, iklan ini tidak akan menjadi bagian dari pendapatan anda.
  3. Ruang penyimpanan 3GB. Dengan paket gratis, anda hanya bisa menggunakan WordPress.com untuk mengupload gambar hingga mencapai kapasitas maksimal 3Gb. Diatas itu, anda perlu membeli paket berbayar mereka.
  4. Anda tidak dapat menonetisasi blog anda dengan cara apapun. Meskipun anda berencana untuk menempatkan slot iklan dan menjualnya kepada pengiklan, blog anda tidak akan mendapatkan atensi karena alamat blog anda tidaklah profesional. Itu seperti namablog.wordpress.com.
  5. Paket gratis juga tidak memungkinkan anda untuk menginstall plugin apapun seperti plugin penting untuk SEO, plugin pengotimal kecepatan, dll. Selain itu, anda hanya bisa menggunakan tema gratis yang sangat terbatas jumlahnya. Yang mana, tema-tema gratis tersebut sudah digunakan oleh ribuan pengguna lainnya juga.

Untuk mendapatkan fleksibilitas yang tinggi, setidaknya anda harus menggunakan paket berbayar kelas premium mereka. Paket kelas premium ditawarkan dengan harga Rp 298.000 perbulan jika anda membeli selama satu tahun. Lihat Harga Disini.

Disini lain, WordPress.org bisa anda gunakan secara gratis. Ya, itu artinya anda bisa mendownload WordPres.org dan menginstallnya ke hosting anda secara gratis. Namun, anda akan membutuhkan biaya seperti:

  1. Membeli layanan hosting. Anda perlu hosting yang bisa anda dapatkan seperti dari Niagahoster. Saya menyarankan anda untuk membeli paket personal dengan durasi 3 tahun yang mana anda hanya perlu membayar Rp 1.000.000 berikut gratis domain .com.
    Screenshoot Hosting Personal Niagahoster 3 Tahun

    Beli Paket Disini dan gunakan kode kupon WordPressku untuk mendapatkan diskon tambahan 5%.


  2. Membeli nama domain. Anda juga perlu membeli nama domain yang anda inginkan seperti wordpressku.com misalnya. Namun, anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan membeli hosting yang disediakan oleh Niagahoster.
  3. Selain itu, anda juga mungkin perlu membeli tema dan plugin premium. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan berbagai fitur yang tidak tersedia pada tema dan plugin versi gratisnya. Namun ini sifatnya tidak wajib. Yang mana, anda masih menggunakan salah satu tema atau berbagai plugin gratis yang tersedia. Ada ribuan tema gratis dan plugin gratis yang tersedia di WordPress.org yang bebas untuk anda pilih dan gunakan.

Pro dan Kontra WordPress.com dan WordPress.org

Meski keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya, bagi saya WordPress.com masih lebih banyak memiliki kekurangan. Namun anda bisa memutuskannya sendiri.

Kapan Menggunakan WordPress.com

Dengan WordPress.com, anda bisa membuat web atau blog sederhana secara Gratis. Anda tidak perlu khawatir soal hostingnya karena hostingnya sudah disediakan untuk anda. Namun, anda tidak akan mendapatkan fleksibilitas yang tinggi seperti hanya mendapat subdomain, adanya iklan yang tidak bisa dihapus, pilihan tema yang sangat terbatas, tidak memungkinkan anda menggunakan plugin apapun, dll.

Jadi menurut saya, menggunakan WordPress.com sangat tepat bagi anda yang hanya ingin belajar ngeblog saja. Tidak untuk membuat blog dengan tujuan menghasilkan uang. Bahkan, WorPress.com versi gratis, juga tidak tepat anda gunakan untuk membuat situs web bisnis karena anda hanya akan mendapatkan subdomain dan itu telihat tidak profesional dari sisi bisnis.

Kapan Menggunakan WordPress.org

WordPress.org merupakan solusi yang paling tepat menurut saya untuk membuat situs web atau blog. Meski anda perlu membeli hosting dan nama domain, anda akan mendapatkan fleksibilitas yang sangat tinggi.

jadi, WordPress.org ini sangat tepat bagi anda yang ingin membangun situs blog dengan tujuan menghasilkan uang. Selain itu, WordPress.org juga sangat tepat anda gunakan untuk membuat situs web bisnis karena anda bisa menentukan nama domain anda sendiri seperti namadomain.com atau namadomain.co.id.

Kesimpulan

Itu tadi perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Seperti yang saya tuliskan pada bagian awal, perbedaan utamanya ada pada siapa yang menyediakan hostingnya dan beberapa perbedaan harga.

WordPress.com bisa anda gunakan secara gratis tanpa perlu membeli hosting dan nama domain. Sementara WordPress.org, bisa anda gunakan namun anda perlu membeli hosting dan nama domainnya terlebih dahulu.

Selain itu, versi gratis WordPress.com tidak memberi anda ruang yang lebih leluasa untuk menambahkan atau melakukan sesuatu ke situs web anda. Sementara WordPress.org, memberikan anda fleksibilitas yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
3K
Share